- Metode yang pertama yang dapat dilakukan tentu saja dengan metode penyampaian secara langsung. Hal ini berkaitan dengan rumus-rumus dasar yang harus dikuasai oleh para peserta didik seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.
- Yang selanjutnya seorang tenaga pendidik haruslah kreatif dalam memberikan contoh-contoh kegunaan matematika dalam kehidupan nyata agar peserta didik dapat melogikakan rumus matematika tersebut. Sebagai contoh saat menghitung rumus balok maka seorang tenaga pendidik dapat mengajak anak tersebut untuk mengukur dan mengamati benda-benda yang berbentuk balok semisal penghapus dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kehidupannya sehingga dia dapat lebih mudah mengingatnya.
- Belajar kelompok. Sesungguhnya belajar kelompok dalam pembelajaran matematika merupakan hal yang sangat baik. Mengapa? Karena dengan pembelajaran kelompok tersebut seorang peserta didik akan berusaha untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut bersama anggota kelompoknya yang lain sehingga selain akan lebih menekankan pada kemampuan komunikasi juga akan memudahkan anak untuk memahami pelajaran karena dikerjakan bersama-sama.
- Lalu hal yang harus dilakukan oleh seorang tenaga pendidik yang selanjutnya adalah dengan memberi motivasi kepada peserta didiknya. Sering kali para peserta didik tersebut merasa minder jika mereka dihadapkan pada matematika dan perasan minder inilah jika dibiarkan akan membuat seorang anak mengalami kesulitan belajar matematika.
Senin, Juli 14, 2014
Pembelajaran Matematika Secara Efektif
Banyak orang tua mungkin akan
mengeluh dan bahkan ada yang marah-marah ketika nilai matematika yang
dimiliki oleh anaknya jelek. Ya dari segi pemahaman mata pelajaran
matematika memang relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan mata
pelajaran yang lainnya. Banyak anak yang merasa kesulitan saat sedang
mengerjakan soal-soal matematika. mengapa? Karena kebanyakan dari mereka
kurang dapat memahami kalimat matematika yang biasanya abstrak. Sebagai
salah satu ilmu pasti tentu menuntut seseorang untuk banyak menghafal
rumus semisal perkalian atau pun pembagian. Nah dengan hal tersebut
tanpa adanya metode pembelajaran yang tepat , jelas seorang peserta
didik akan mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Berikut di
bawah ini merupakan metode yang dapat dilakukan oleh seorang tenaga
pendidik saat mengajarkan matematika kepada para peserta didiknya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar